Jika Anda memiliki minat dalam biologi, teknologi, kegiatan laboratorium, dan riset, maka jurusan yang cocok untuk Anda adalah bioteknologi. Peluang karier bagi lulusan jurusan ini sangat luas, baik di tingkat domestik maupun global, dan akan terus diperlukan untuk keberlangsungan kehidupan manusia.

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang fokusnya adalah memanfaatkan makhluk hidup. Biologi tradisional sudah ada sejak abad ke-19, dengan penerapannya dalam proses fermentasi seperti pembuatan bir dan roti. Selama beberapa tahun terakhir, terutama sejak pandemi Covid-19, peran bioteknologi semakin penting dalam pengendalian dan pengobatan terhadap virus corona melalui vaksin dan obat-obatan lainnya.

Sekilas Tentang Jurusan Bioteknologi

Bioteknologi adalah sebuah jurusan studi multidisiplin yang menggabungkan berbagai ilmu, terutama biologi, kimia, dan teknologi. Jurusan ini memiliki empat ruang lingkup utama:

  1. Bioteknologi putih: Berfokus pada industri seperti kesehatan, pangan, bahan bakar, produk kecantikan, dan lainnya.
  2. Bioteknologi hijau: Menitikberatkan pada pertanian dan peternakan, termasuk bahan pangan dengan kandungan gizi tinggi dan tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan.
  3. Bioteknologi biru: Berfokus pada perairan dan kelautan, seperti rekayasa genetika untuk menghasilkan tiram yang tahan penyakit dan pemanfaatan alga sebagai sumber energi.
  4. Bioteknologi merah: Fokusnya adalah bidang kesehatan dan ilmu medis, termasuk pembuatan vaksin dan antibodi.

Jurusan bioteknologi berkonsentrasi dalam pengembangan teknologi dengan penerapannya pada makhluk hidup agar menghasilkan sesuatu yang memberi nilai guna bagi kehidupan manusia. Anda akan mempelajari hal-hal terkait pemanfaatan makhluk hidup dan produk-produk yang dihasilkan dari sebuah proses biologis melalui Bioteknologi.

Prospek Kerja dan Karier

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, perkembangan peradaban manusia sangat terbantu oleh kemajuan di bidang bioteknologi. Bioteknologi memainkan peran penting dalam penciptaan vaksin, obat-obatan, bahan pangan yang berkualitas, pupuk efektif untuk pertanian, dan banyak lagi.

Dengan demikian, prospek karier bagi lulusan bioteknologi sangatlah luas, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ada banyak kesempatan untuk bekerja di tim riset pemerintah atau industri, menjadi auditor, teknisi forensik, ahli biostatistik, dan berbagai peran lainnya. Dengan kerja keras dan dedikasi, kesempatan untuk meraih kesuksesan karier dalam bidang ini sangatlah terbuka lebar.

Tidak hanya itu, peluang untuk berwirausaha juga sangat mungkin dalam bidang bioteknologi. Dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan keamanan produk, Anda dapat menciptakan produk baru seperti bahan makanan rendah kalori dengan kandungan gizi tinggi, produk perawatan kulit yang aman dan terjangkau, serta inovasi lainnya.

Karakter yang Diperlukan

Karakter individu merupakan salah satu pertimbangan penting untuk memilih jurusan studi karena hal ini akan mendukung proses pembelajaran, hasil studi, dan prestasi yang diraih. Selain menyukai biologi, kimia, dan teknologi, kamu juga memerlukan beberapa karakter berikut untuk mencapai hasil maksimal selama proses studi bioteknologi:

  • Detail
  • Terstruktur
  • Teliti
  • Suka mengamati dan meneliti
  • Suka menganalisis
  • Senang memecahkan masalah
  • Mampu bekerja sendiri dan bersama tim

Bioteknologi adalah salah satu cabang ilmu yang akan terus-menerus diperlukan manusia untuk dapat menjalani hidup. Oleh karena itu, lulusan bioteknologi akan menjadi individu yang penting dan sangat dibutuhkan keberadaannya untuk menjaga keberlangsungan hidup masyarakat luas.

Untuk kamu yang tertarik mengambil peran krusial dalam kehidupan masyarakat lewat bidang bioteknologi, BINUS UNIVERSITY dapat menjadi tempatmu awal melangkah. BINUS UNIVERSITY baru membuka jurusan Biotechnology dengan dukungan tenaga didik dan fasilitas terbaik untuk membantumu mempersiapkan menjadi lulusan bioteknologi berkualitas dan berdaya saing internasional.

Yuk, mulai langkah awalmu mencapai cita-cita bersama jurusan bioteknologi BINUS UNIVERSITY!